PROFIL DESA

Sejarah Desa Kagungan Ratu

Desa Kagungan Ratu awal mulanya merupakan hutan belantara dengan status tanah negara ,dan termasuk desa yang tergolong tua dari 19 desa yang berada di wilayah kecamatan Negeri Katon. Wilayah Desa Kagungan Ratu mulanya sangat luas dan terdiri dari mayoritas suku lampung. Akan tetapi sedikit demi sedikit seiring berkembangnya penduduk dan warga dari pulau jawa mulai berdatangan sehingga penduduk desa Kagungan ratu terdiri dari beberapa suku.

Akan tetapi masing – masing suku saling menjaga dan melestarikan adat dan istiadatnya, bergaul dan membaur bersama – sama sehingga menciptakan situasi yang selalu aman dan kondusif. Sedangkan pusat pemerintahan Desa Kagungan Ratu Berada di Desa  Rowo Rejo.

Peta Desa Kagunganratu _ Kabupaten Pesawaran _ Kecamatan Negeri katon

 Mengingat luasnya Desa Kagungan Ratu tepatnya pada tahun 1986 diadakan pemekaran, Desa Kagungan Ratu menjadi 4 desa. Yaitu terdiri dari Desa Kagungan Ratu dengan pejabat kepala Desa Bapak Mursalin, desa Roworejo dengan pejabat kepala Desa bapak Mansur Rifa`i, Desa Sidomulyo pejabat kepala Desa Bapak Muhlasin dan Lumbirejo pejabat Kepala Desa Bapak Rahmat Nurmin. Pada tahun 1990 desa kagungan ratu mempunyai kepala desa definisi dan pusat pemerintahan desa berada di Desa Kagungan Ratu.